Rapat Kerja Manggala Agni Regional Sumatera Tahun 2018

Rapat Kerja Manggala Agni Regional Sumatera Tahun 2018

Penulis : Arif

 

 

Gebraknews.co.id, Batam – Rapat Kerja Manggala Agni Regional Sumatera Tahun 2018d engan bertemakan “Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatra”. Bertempat di I Hotel, Baloi Batam. Senin siang (29/10/18).

Menurut Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan (KLHK) Manggala Agni Daops, Raffles Brotestes Panjaitan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 29-30 Oktober 2018.

“Rapat kerja ini dihadiri dari beberapa Daops dan staf yang dari Palembang, Sumatera Utara, Jambi, Riau dan Daops Batam,” ucap Direktur KLHK Raffles Brotestes Panjaitan.

Manggala Agni merupakan orang terdepan apabila melakukan pencegahan terjadinya kebakaran, walaupun dalam undang-undang yang seharusnya merespon pertama adalah pemerintah daerah.

“Dalam hal ini Manggala Agni memahami adanya keterbatasan-keterbatasan dilapangkan, maka dari itu Manggala Agni yang akan cepat melakukannya,” ujar Raffles Brotestes Panjaitan.

Sambungnya lagi, untuk para masyarakat yang sekarang masih menggunakan api untuk membakar lahan (pembersihan), membakar lahan memang akan cepat membersihkan lahan akan tetapi dampaknya besar yang mengakibatkan transportasi terganggu dan pencemaran udara.

“Pemerintah daerah seharunya mempunyai ide untuk memberikan contoh bagaimana cara untuk membersihkan lahan selain dengan membakarnya,” tambah Raffles Brotestes Panjaitan.

“Bagi para oknum yang melakukan pembakaran lahan secara sengaja atau tidak sengaja akan ada hukumannya seperti pidana, perdata, administrasi dan pencabutan izin mengelola lahan,” tutup Raffles Brotestes Panjaitan. (Arf)

About The Author

Related posts